Take-Two Acquires Zynga for $12 Billion


Take-Two Interactive mengakuisisi pelopor game sosial dan seluler Zynga senilai $127 miliar. Kesepakatan blockbuster kemungkinan terbesar dalam sejarah video game dan akan sangat memperluas portofolio game mobile Take-Two Interactive.

Berdasarkan ketentuan kesepakatan, Take-Two akan membeli semua saham Zynga yang beredar seharga $9,86 per saham. Itu adalah premi 64 persen yang menakjubkan dari apa yang Zynga perdagangkan pada hari Jumat. Berita tentang penjualan yang akan datang mendorong saham Zynga dari hanya $6 per lembar pada hari Jumat menjadi $8,44 pada hari Senin.

Zynga adalah salah satu perusahaan pertama yang memanfaatkan permainan sosial selama hari-hari awal Facebook dengan permainan sukses seperti Farmville dan Texas Hold ‘Em. Tetapi sementara Zynga tetap besar di Facebook, perusahaan telah berjuang dalam beberapa tahun terakhir untuk menemukan hal besar berikutnya. Harga saham Zynga sebenarnya telah turun 38 persen selama setahun terakhir, meskipun ada lonjakan yang diantisipasi dari game pandemi. Tapi Take-Two Interactive jelas melihat potensi jangka panjang di Zynga dan berencana untuk mengambil pendekatan lepas tangan untuk manajemennya.

Take-Two paling dikenal sebagai perusahaan yang membawa Grand Theft Auto ke dunia dan menghasilkan sekitar $6 miliar selama setahun terakhir.

Mengomentari siaran pers baru-baru ini Strauss Zelnick, Ketua dan CEO Take-Two menggambarkan akuisisi tersebut dengan mengatakan, “Kami sangat senang mengumumkan transaksi transformatif kami dengan Zynga, yang secara signifikan mendiversifikasi bisnis kami dan menetapkan posisi kepemimpinan kami di seluler, yang tumbuh paling cepat segmen industri hiburan interaktif. Kombinasi strategis ini menyatukan konsol dan waralaba PC terbaik di kelasnya, dengan platform penerbitan seluler terdiversifikasi yang terdepan di pasar yang memiliki sejarah inovasi dan kreativitas yang kaya. Zynga juga memiliki tim yang sangat berbakat dan sangat berpengalaman, dan kami berharap dapat menyambut mereka ke dalam keluarga Take-Two dalam beberapa bulan mendatang.”

Kesepakatan itu tunduk pada persetujuan peraturan, tetapi pejabat perusahaan tidak mengharapkan masalah pada akhirnya.

Author: Sofia Barrett